Menstruasi Pas Ramadhan? 12 Amalan Ibadah Ini Bisa Mengisi Bank Pahala Anda!

By Theeas

Kayaknya cuman kaum hawa deh yang bisa memahami hal ini. Biasanya, kalo Thee lagi dapet pas bulan biasa, itu adalah “horeeeeee” karena artinya nggak usah bangun subuh dan bebas jalan-jalan tanpa kenal jam sholat (oops…. :D ). Tapi lain cerita kalo ini Ramadhan! Yang ada malah “waduuuuuh” soalnya bikin kita ketinggalan kereta pahala yang besar di bulan penuh berkah ini. Hiks!

Tapi tenang aja sista-sista pembaca! Walau dengan adanya menstruasi ini Anda nggak bisa sholat, puasa, dan ngaji, masih banyak kok alternatif lain untuk mengisi deposito pahala Anda di bulan suci ini! Dan tenang aja…… semuanya 100% berdasarkan Hadits dan Sunnah Nabi kita tercinta. Okeh!

Let’s goooo!

 

1) Dzikir

Anda lagi nyapu? Duduk-duduk di bis? Jalan kaki? Ngantri di kasir? Nyuci baju? Dosen lagi boring dan Anda mulai ngantuk? Di manapun Anda berada, dzikir bisa jadi kegiatan bermanfaat untuk mengisi bank pahala di waktu senggang. Kalo Anda takut dikira penyihir atau or-gil karena komat-kamit merapal mantra, eh, dzikir, di muka umum…..yaa dalam hati aja :) . Toh Allah Maha Mendengar kok!

Beberapa kalimat dzikir yang bisa Anda lakukan :

a) “Empat kalimat yang paling dicintai Allah adalah : subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan Allahu Akbar. Tidak masalah dimulai dari urutan yang mana” (Sahih Muslim)

b) “Barangsiapa mengucapkan “subhanallah wa bihamdihi” 100 kali sehari, maka akan diampuni dosa-dosanya walau sebanyak busa lautan” (Bukhari)

c) “Barangsiapa membaca kalimat shalawat untukku (Nabi Muhammad SAW) 10 kali, Allah akan mengiriminya 10 berkah, 10 dosa dihapus, dan dinaikkan derajatnya (di mata Allah) 10 derajat” (Sahih Ahmad, Nasai, dan Hakim)

Butuh waktu 60 menit buat nonton satu serial sinetron, belum ditambah iklan-iklannya. Tapi melakukan dzikir ini…..hanya kurang dari 15 menit! Berpahala gede, pula. :D

 

2) Bertobat dan Istighfar

Kalo Anda nyapu rumah, nggak mungkin dong rumah itu cuman sekali disapu doang langsung bersih terus sampe hari kiamat. Sama halnya dengan hati. Hati bisa kotor lagi kalo dipake buat ngegosip, iri, marah-marah, dll. Cara membersihkannya, ya dengan istighfar, sista….

“Sesungguhnya bila orang beriman berbuat dosa, noda hitam akan timbul di hatinya. Bila ia bertobat dan meninggalkan dosanya, dan mencari ampunan (dari Allah), hatinya akan bersih lagi. Namun bila ia terus-menerus berdosa, noda hitam tersebut akan meningkat. Inilah hati yang berkarat seperti yang disebut Qur’an” (Sahih Ahmad, Tirmizi, Ibnu Majah)

“Barangsiapa yang terus-menerus mencari ampunan Allah, Allah akan menciptakan baginya jalan keluar dari setiap kesulitan, setiap kecemasan, dan menyediakan ia rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka olehnya” (Sahih Abu Dawud)

 

3) Memaafkan orang lain

Emang sih…..susah banget! :( Tapi kalo dilakukan, maaf kecil kita akan dibalas oleh ampunan lebih besar dari Allah SWT :

“Barangsiapa yang menderita sesuatu yang menyakitkan dan memaafkan (pelakunya), Allah akan menaikkan statusnya (di mata-Nya) ke derajat yang lebih tinggi dan menghapus salah satu dari dosa-dosanya” (Tirmizi)

 

4) Memberi Makan kepada Orang Miskin

Bila Anda biasanya hanya memberi seratus lima ratus perak ke pengemis, coba sekarang Anda berikan dia sebungkus nasi dengan lauk-pauknya.

“Barangsiapa yang memberi makan orang beriman yang kelaparan maka akan diberi makan oleh Allah pada Hari Kiamat dari buah-buahan surga. Dan siapa yang mengatasi hausnya maka akan diatasi rasa hausnya (si pemberi) dengan madu surga. Dan siapa yang memberi dia pakaian makan akan diberi pakaian dari sutra hijau dari Surga” (Tirmizi)

 

5) Menyumbang ke Panti Asuhan

Hadits lagi…. Rasulullah bersabda, “Aku dan mereka yang merawat anak-anak yatim, baik dari kerabatnya atau orang lain, akan bersama-sama di surga sedekat ini” – beliau menunjukkan kedua jarinya, jari telunjuk dan tengah, dengan jarak dekat di  sela-selanya (Bukhari)

 

6) Memberi makan hewan, misalnya kucing kelaparan

Lho? Hmmm tapi serius nih teman-teman pembaca! :D Thee jadi inget pas ke kampus sekali pas Ramadhan, berdiri di tengah taman…..Eh tiba-tiba 5 kucing dari segala penjuru menghampiri Thee terus ngeong-ngeong gitu minta makanan. Padahal Thee ga bawa apa-apa. Biasanya mereka makan dari sisa-sisa kantin kampus. Tapi ya Ramadhan gini, pastinya kantin-kantin pada tutup. Kelaperan deh kucing-kucingnya….Andai kucing bisa makan kertas, nggak pa-pa deh Thee ngerobek satu halaman notes buat dikasih ke kucingnya.

Dalam hadits diriwayatkan Sahih Muslim, Rasulullah SAW bercerita tentang lelaki yang menemukan anjing kehausan, sampai anjing ini jilat-jilat tanah. Karena iba, lelaki ini turun memanjat sumur dan mengisi sepatunya dengan air, kemudian dia naik lagi sambil menggigit sepatu penuh air. Lalu ia memberi minum anjing kehausan tadi. Maka Allah mengampuni lelaki ini.

Sahabat lantas bertanya, “Ya Rasulullah, adakah pahala untuk bersedekah kepada hewan?”, dan beliau menjawab “untuk setiap makhluk hidup, terdapat pahala sedekah”.

 

7) Mendengarkan Murratal Al Qur’an

Daripada dengerin lagu-lagu sebangsa Geisha, Noah, Rosa, Wali, dll…..(Kalo saya sih dengerinnya simfonik metal hehehe)….coba deh indera pendengaran kita sekali-kali dilatih dengan diberi suguhan rohani bacaan ayat-ayat Allah, okeh! :D Dijamin sejuuuuuuuk di batin!

 

8) Menghibur Teman yang Sedang Kesulitan

“Barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya mengenai keperluannya hingga hal itu aman baginya, Allah akan membuat kakinya teguh di atas jembatan (Shiraat Mustaqim) di hari (Kiamat) ketika kaki-kaki lain berguncang (di atas jembatan itu)” (Hadits Tabarani)

9) Belajar Pengetahuan Islami

Bisa dengan : menghadiri majelis taklim atau pengajian, membeli buku Islam di toko buku, atau menonton siaran TV program Islami. Saya misalnya, suka download buku-buku Islami bahasa Indonesia di www.pakdenono.com. Nggak tahu sih masih aktif apa enggak situsnya. Tapi itu lengkap banget koleksinya.

Di era internet ini, kalo Anda bisa menemukan blog ini, Anda juga bisa dong menemukan pengetahuan Islami dengan cepat dan praktis. :D

 

10) Jangan Ngegosip Sip Siip…

Hayo hayo sista sista! :D Emang sih Thee juga ngakuin kadang-kadang ngga bisa lepas juga dari yang namanya ngegosip. Tapi nggak guna juga kan puasa-puasa masih ngomongin kehidupan orang lain. Kalo solusi yang bekerja buat Thee sih, daripada ngegosipin hidup orang laen, dialihkan aja topiknya ke buku apa yang baru dibaca dan topik teori konspirasi atau topik yang aneh bin ajaib seperti bakalan kayak apa Planet Mars 200 tahun kedepan. :D

“Hai engkau yang mengaku beriman dengan lidahmu namun tidak dengan hatimu! Janganlah mengganggu seorang muslim atau mencari-cari kesalahan mereka. Karena barangsiapa yang mencari kesalahan saudaranya, maka Allah akan mencari kesalahannya. Dan ketika Allah mencari kesalahan seseorang, Dia akan meng-ekspos orang tersebut, walau ia bersembunyi di bagian terdalam rumahnya” (Bukhari dan Muslim)

 

11) Berdoa, Baik Untuk Diri Sendiri Maupun Orang Lain

Tak hanya doa pas Ramadhan sangat cepat dikabulkan, dan Thee udah ngalamin sendiri….Berdoa untuk orang lain pun sadar atau tidak, sebenarnya berpahala juga lho!

“Tidak ada seorang muslim yang berdoa untuk saudaranya tanpa sepengetahuan dia, kecuali para malaikat akan berkata, “(Amin), kamu akan memperoleh hal sama” (Sahih Muslim)

Diriwayatkan oleh ‘Ubaadah, Rasulullah bersabda “barangsiapa mencari ampunan untuk laki-laki dan perempuan beriman, maka Allah akan menulis untuknya amal kebaikan untuk SETIAP ORANG beriman laki-laki dan perempuan (yang ia doakan)” (Tabarani)

Emang sih…..pahala nggak bisa dihitung secara matematis, karena itu tergantung niat dan keikhlasan Anda juga. Tapi coba nih bayangkan……sekarang ada 1,5 trilyun muslim di penjuru bumi. Belum lagi umat muslim dari jaman Nabi Adam. Nah bayangkan berapa banyak pahala yang dapat Anda peroleh hanya dari amalan  sederhana ini, trilyunan hanya dalam waktu sekian menit, subhanallah.

 

12) Berbuat Baik Kepada Orangtua

Yang lebih berhak mendapatkan perlakuan baik kita…..tentunya orangtua kita duluan daripada orang lain. Coba bantuin mama Anda :D meringankan pekerjaannya…..atau minimal silaturahmi. Islam sangat menekankan kita untuk berbuat baik kepada orang tua, bahkan walaupun orang tua kita beda kepercayaan dengan kita.

“Seorang pria bertanya kepada Rasulullah, “bolehkah saya bergabung untuk jihad?”. Rasulullah bertanya, “apa kamu punya orangtua yang masih hidup?”. Pria itu menjawab “ya”, Rasulullah menjawab “maka berjihadlah dengan cara melayani mereka” (Bukhari)

 

Okeh….segitu dulu yah…..Buat teman-teman pembaca, Thee ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa! :D

No related posts.

Latest Comments
  1. baju gamis

    To start with, often remind your self on the Islamic dress code. Your clothing ought to be lengthy, loose fitted and not transparent. Muslim females should really also cover their heads having a head scarf (hijab).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.