ILMUWAN JEPANG CIPTAKAN STEAK DARI KOTORAN MANUSIA!

Compiled by Theeas

steak dari kotoran feces tai manusia

Sejumlah ilmuwan Jepang menemukan cara untuk menciptakan daging artifisial dari limbah yang mengandung (uhuk uhuk) kotoran manusia (!!).

Mitsuyuki Ikeda, peneliti dari Lab Okayama, telah mengembangkan steak tinggi protein dari feses manusia. Pembuangan Tokyo menjadi lokasi sasaran peneliti, karena begitu melimpahnya lumpur feses tersebut. Tim peneliti Ikeda menemukan bahwa aktivitas bakteri membuat limbah tersebut kaya akan protein.

Para peneliti kemudian mengekstrasi protein dari limbah itu, dikombinasikan dengan reaction enhancer, dan diletakkan dalam exploder sehingga terciptalah steak artifisial. (Jadiii…… bukan feses atau kotoran manusianya yang dimakan langsung, tapi proteinnya doang yang diekstrak).

Daging artifisial tersebut mengandung 63% protein, 25% karbohidrat, 3% lemak, dan 9% mineral. Peneliti kemudian mewarnai daging berbasis feses tersebut dengan pewarna merah untuk makanan dan flavor-nya diperbaiki dengan protein kedelai. Tes awal dengan sejumlah panelis menyatakan bahwa daging tersebut rasanya mirip daging sapi.

Latar belakang dari penelitian ini adalah industri pengepakan daging menyebabkan 18% dari emisi gas rumah kaca bumi, akibat pelepasan metana dari daging hewan. Industri peternakan makin dikecam dengan tuduhan kekejaman terhadap hewan. Maka itulah, steak feces temuan Ikeda merupakan “solusi” untuk dapat mengurangi limbah dan emisi dari daging hewani. (Waduuuh…. -___-‘)

Para peneliti berharap kalau daging ini diproduksi massal, harganya akan tidak jauh beda dengan daging alami. Namun sejauh ini setelah dilakukan analisis ekonomi, harga untuk memproduksi steak feces ini justru 10 – 20 kali lebih mahal dari daging biasa (alias : tidak ekonomis). Profesor Ikeda mengakui bahwa pasti akan ada barrier psikologis dari calon konsumen : siapa yang tidak akan jijik menyadari kalau apa yang dimakan berasal dari kotoran manusia. Dan kalau sudah begitu, gimana mau berminat, apalagi makan. Namun kelebihan lain dari daging ini adalah, kalorinya jauh lebih rendah.

Teman-teman pembaca : Anda berani makaaan?? Berani terima tantangaaan? 😀

 

[[Sumber : digitaltrends.com ]]

Tambahan Thee : Temuan ini mengingatkan Thee dengan temuan phtalat tahun 2002 di AS. Phtalat adalah zat kimia yang disuling dari air kencing manusia, dan digunakan sebagai penghalus kulit dalam industri kosmetik – dan ada beberapa kegunaan lain dalam industri farmasi. Setelah temuan ini, ramai-ramai WC umum di AS menyuling air kencingnya untuk diisolasi phtalat-nya, sehingga bisa dijual ke industri kosmetik.

Namun apa yang terjadi kemudian, ditemukan bahwa phtalat dari air kencing manusia itu justru berbahaya bagi kesehatan : menyebabkan gejala keracunan mirip merkuri seperti mual-mual, muntah, sampai gangguan penglihatan. Sejak itu, phtalat akhirnya dinyatakan dilarang dan pemakaiannya dihentikan.

Jadi apakah daging feces ini kalau dia diproduksi massal (kalau emang kesampean diproduksi komersial), akan tetap aman bagi kesehatan, ataukah bernasib sama seperti phtalat……only time can tell.

No related posts.

Latest Comments
  1. Jefry

    baru baca judulnya saja saya sudah gimana gitu..
    lkira2 apa ada yang mau dengan steak ini ya ?? 😀

  2. pnet

    waduh…. jd bingung, pdhl lagi laper nih… hahaha :)

  3. kelana

    Sesuatu yg berasal dari yg baik akan menghasilkan kebaikan, nah bahan pembuatannya aja sudah tidak baik (dari tubuh sudah dikeluarkan) mesti lama-kelamaan akan menjadi penyakit.

  4. ulfafarikha

    hmmmm . . . . kira-kira halal enggak yaaa . . ..???? dari barang yang menjijikkan gtu ?

  5. dondon

    aduh kl saya kayanya ga berani gan. tapi kl emang melihat dari kandungan gizi yang ada bagus juga untuk yang diet lemak.

  6. Yudy

    Naudzubillah….ini salah satu contoh temuan ilmiah yg tidak dilandasi Al Qur’an dan Hadist…sayang sekali…meski usaha peneliti tersebut hebat…lagi2 konsep suci, najis, estetika pada ALLAH SWT..dan makhlukNya tidak diperhatikan..jd tdk manfaat…Naudzubillah…Smga para Ilmuwan hebat non muslim dan kita semua mendapat hidayah dari ALLAH SWT..aamiin..

    • Opi

      @Yudi..

      Aaamiin..

  7. widiya

    weeeekkkk di bayar berapapun besarnya klol dsuruh makan stek it saya mah ogah

  8. yomi

    hoeeeek…ogah bgt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.