7 FAKTA ANEH TENTANG KA’BAH YANG BELUM PERNAH ANDA DENGAR!

By Theeas

Siapa umat muslim yang tidak mengenal Ka’bah. Bahkan, jutaan kalender dan gambar di seluruh dunia memajang tempat suci umat Islam ini, sehingga yang belum pernah ke Ka’bah pun tahu seperti itulah bentuknya. Ka’bah yang pada masa Nabi hanya diziarahi beberapa ratus orang, kini setiap tahunnya dibanjiri jutaan umat muslim dari berbagai penjuru dunia.

Namun pernahkah kepikiran di benak Anda tentang fakta-fakta unik Ka’bah berikut ini?

1. Ka’bah telah direkonstruksi beberapa kali

Ka’bah yang kini kita lihat tentunya tidak sama dengan Ka’bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Ismail. Dari waktu ke waktu, Ka’bah mengalami re-building setelah tertimpa banyak bencana alam atau bencana buatan manusia. Salah satu rekonstruksi yang paling dikenal oleh umat muslim adalah yang terjadi sebelum Nabi Muhammad (SAW) menerima kerasulan. Pada saat itu, beliau mengatasi perkelahian antar klan mengenai siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad. Caranya, beliau meletakkan batu itu ke jubahnya di mana setiap orang dari semua klan dapat mengangkat ujung kain tersebut.

Sejak itu, setiap beberapa abad sekali, terjadi beberapa kali rekonstruksi. Terakhir kali pada tahun 1996 di mana berbagai fondasi diperkuat dan atap baru ditambah. Sepertinya ini akan menjadi rekonstruksi terakhir insya Allah, karena teknologi modern telah memungkinkan konstruksi bangunan yang lebih kokoh dari sebelumnya.

 

2. Tadinya Ka’bah berwarna-warni.

Kita telah terbiasa melihat Ka’bah dengan trademark warna Kiswah hitam dengan garisan emas melintang sehingga sulit membayangkan kayak apa kalau Ka’bah ada dalam warna lain. Namun sebenarnya tradisi ini dimulai sejak Khalifah Abbasiah yang simbol kekhalifahannya saat itu berwarna hitam. Sebelumnya, Ka’bah ditutupi kain berbagai warna seperti hijau, merah, dan bahkan putih.

 

3. Kuncinya dipegang oleh satu keluarga

Setelah Nabi Muhammad SAW menaklukkan Mekah, kepada beliau diberikan kunci Ka’bah. Namun bukannya menjadikan kunci itu hak milik, sang Nabi justru menyerahkannya kepada Usman bin Talha. Keluarga dan leluhurnya telah menjadi pemegang kunci Ka’bah turun-temurun selama berabad-abad. Nabi mengokohkan kedudukan mereka hingga akhir zaman dengan kata-kata berikut :

“Ambil ini, wahai Bani Talha! Selama-lamanya hingga Hari Kebangkitan, dan kunci ini tidak akan direbut darimu kecuali oleh penguasa lalim lagi sewenang-wenang”

Melestarikan pesan Rasulullah, tidak ada satupun khalifah, sultan, raja, bahkan orang paling berkuasa di dunia yang mampu memasuki Ka’bah kecuali setelah meminta izin kepada keluarga kecil Mekah ini.

 

4. Anda bisa berenang di sekitarnya

Ka’bah terletak di dasar lembah sehingga ketika hujan deras, ya terjadilah banjir. Kadangkala apabila banjirnya parah, seperempat Ka’bah bisa terendam banjir dan jamaah haji harus tawaf sambil berenang-renang (terakhir tahun 1996-an). Namun, berbagai renovasi modern dan pencegahan banjir telah dilakukan oleh pihak Saudi juga sehingga jamaah haji tidak perlu lagi khawatir tawaf dengan kebanjiran.

 

5.  Ada dua buah Ka’bah

Tepat tegak lurus di atas Ka’bah di muka bumi terdapat replika Ka’bah di langit yang disebut Baitul Ma’mur. Saat Isra’ Mi’raj, Rasulullah SAW melihat Ka’bah ini. Sabda beliau :

“Kemudian saya diperlihatkan Baitul Ma’mur (Rumah Allah). Saya bertanya kepada Malaikat Jibril mengenainya dan ia menjawab “ini adalah Baitul Ma’mur di mana 70.000 malaikat melakukan ibadah di sini per harinya, dan ketika mereka pergi mereka tak pernah kembali lagi ke sini” [Dalam artian, jumlah 70.000 itu adalah jumlah yang baru alias fresh batch setiap harinya – saking banyaknya jumlah malaikat Allah]

 

6. Hajar Aswad pernah pecah

Tahukah Anda bahwa batu hitam Hajar Aswar dilapisi pelapis perak sekelilingnya? Dan mengapa?

Hal ini terjadi gara-gara ulah sekte sesat ekstremis dari Bahrain yang disebut Qarmatians yang mengeluarkan fatwa miring bahwa haji adalah perbuatan fasik. Tak cukup mengeluarkan fatwa, mereka juga membantai massal sekitar 10.000 orang jamaah haji saat itu.

Tak hanya itu, sekte ini juga mengambil Hajar Aswad dan dibawa ke Arab Timur kemudian Kufa di Irak. Hingga akhirnya mereka dipaksa untuk mengembalikan batu itu oleh Khalifah Abbasiah. Ketika dikembalikan, Hajar Aswad telah pecah dan akhirnya pecahan-pecahan itu ditambal oleh pelapis perak. Beberapa sejarahwan berspekulasi bahwa masih ada beberapa pecahan Hajar Aswad yang beredar di luar Mekkah – namun entah di mana.

 

7. Ka’bah seharusnya tidak berbentuk kubus

Hah? Tapi itulah kenyataannya. Ka’bah yang asli sebenarnya berbentuk balok persegi panjang, bukan kubus.

Ketika Ka’bah dibangun ulang saat itu, orang-orang Quraisy juga membuat fondasi melingkar dengan bata sederhana yang meliputi area semi-sirkular disebut Hijr Ismail – untuk menandai dimensi asli Ka’bah. Namun karena kekurangan dana, pembangunan itu tidak sampai selesai persegi panjang. Sehingga Ka’bah pun berakhir dengan bentuk kubus.

Kekurangan dana? Bagaimana ceritanya? Gini….

Ketika orang-orang Quraisy merenovasi Ka’bah sebelum masa kerasulan, mereka sepakat bahwa hanya uang halal yang boleh digunakan untuk merenovasi Ka’bah. Walau menyembah berhala, mereka sangat menghormati Ka’bah, dianggap suci karena merupakan warisan Nabi Ibrahim. Jadi, tidak boleh ada uang kotor seperti dari hasil rentenir, judi, pelacuran, minuman keras, uang curian, jasa perdukunan, maksiat, dll yang masuk ke dalam dana renovasi.

Namun ironisnya, walaupun Mekah adalah kota perdagangan yang dengan demikian berarti banyak uang, tetap saja tidak cukup uang halal yang terkumpul untuk merenovasi Ka’bah. Karena pada masa jahiliyyah, praktik-praktik kotor mencari uang telah begitu mendarah daging.

Menjelang akhir hidupnya, Nabi Muhammad SAW berniat untuk membangun ulang Ka’bah ke dimensi aslinya, namun keburu wafat sebelum keinginan beliau terwujud. Sampai bertahun-tahun yang datang, bentuk Ka’bah tersebut masih sama seperti yang dilihat Nabi ketika beliau hidup. Akhirnya, dipertahankanlah bentuk kubus Ka’bah tersebut.

 

Sumber : muslim matters

Related posts:

  1. 10 NUTRISI UTK TINGKATKAN KESUBURAN PRIA : FAKTA YG BELUM ANDA KETAHUI
  2. FOTO BAHAYA DAGING BABI YANG TIDAK ANDA SADARI…
  3. 30 FAKTA UNIK IBNU SINA YANG JARANG DIKETAHUI ORANG!
  4. CEPAT PANCING KEHAMILAN DGN MAKANAN!! : FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG KESUBURAN
Latest Comments
  1. Syahrudin Faizal

    Informasi yang bagus dan sangat bermanfaat. Terima kasih…

    • Hamba Allah

      Semoga dapat menambah keimanan kita amin

  2. Abdullah

    Mudah2an infonya bisa bermanfaat dan menambah wawasan, amiin

  3. Bams

    Tentunya info yang sangat bermanfaat, menambah pengetahuan kita akan Ka’bah

  4. hamba Allah

    Saya kok masih blm percaya ….Benarkah demikian ? Seharusnya harus ditulis darimana sumber2nya…!!

    • wiwin

      Betul sekali, referensi atau sumber informasinya tidak jelas. Hati-Hati meskipun beritanya bagus tapi belum tentu benar

  5. bambang wahyudi

    Setahu saya, yang namanya kubus itu adalah bentuk yang sama sisi. Secara kasat mata, ka’bah tidak sama sisi, berarti tidak berbentuk kubus. Gimana ?

  6. Al Ali Auh

    Kurang beretika dalam menyampaikan dan mengolok-olokkan agama. Mohon untuk diperbaiki bahasanya

  7. Frauen suchen eine Affäre in Overath Deutschland

    Awesome! Its in fact amazing article, I have
    got much clear idea concerning from this article.

  8. wida almia destiyani

    Lho, apakah sekarang Ka’bah berbentuk kubus? Saya pernah mendengar bahwa sekarang Ka’bah berbentuk tidak sama sisi alias balok.

  9. Trio

    Template=theologi, penulis non muslim ya

  10. Wida Almia Destiyani

    Ya, semoga saja tulisan di atas benar adanya/fakta, supaya tidak menghasut kita semua ke jalan yang salah

  11. ray

    subhanallah amiiiiiiin ya robbal alamiiiin

  12. ray

    untuk mempertebal iman seseorang

  13. Hakamy Husain

    Saya tidak percaya dengan tulisan di atas, dan justru berkesimpulan bahwa tulisan itu merupakan upaya alkafiruun membengkokkan kebenaran sejarah yang sebenarnya. Tujuan akhirnya untuk melemahkan iman ummat islam terhadap rukun islam yang kelima itu. Pasti Penulisnya non muslim alis alkaafiruunm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.