INSOMNIA? 5 CARA AMPUH MENGATASI SULIT TIDUR.

By +Theeas

mengatasi insomnia sulit tidurAda alasan tersendiri kenapa Thee menulis artikel ini, yakni untuk mengingatkan diri sendiri juga tentang banyak bahaya kesehatan dari begadangan. Jujur aja, Thee adalah seorang night owl, alias tukang begadang 😀 . Alasannya, karena entah kenapa otak Thee itu lebih lancar dalam mengerjakan apapun pada malam hari. Tapi sejak saya penelitian thesis, hal itu berubah total. Otak jadi butek kalo dibawa begadang. Namun tantangan lain, mau tidur awal pun susah karena sudah kebiasaan begadang. Jam 11 aja serasa jam 8 sore :D.

Akhirnya, setelah cari-cari berbagai artikel self-help, keliling forum-forum, dan diterapkan tips-tipsnya sendiri….Thee mulai berhasil mengatasi masalah sulit tidur ini. Thee juga pernah share tips-tips ini di suatu forum di mana seorang member curhat kalo dia nggak bisa tidur kalo nggak lewat jam 4 subuh. Setelah 2 minggu mempraktekkan ini, dia kirim message kalo insomnianya sekarang sudah lumayan berkurang.

Nah ini dia teman-teman, share-nya :)

1) Jangan membawa masalah ke tempat tidur.

Sepele – tapi banyak sekali kasus insomnia diawali stress, di mana penderitanya memikirkan banyak hal, banyak masalah sebelum tidur. Adapun seorang member yang curhat di forum waktu itu, dia juga berkata kalau “pikirannya melayang ke mana-mana, mencemaskan ini dan itu ketika dia berbaring di ranjang”. Padahal sebenarnya, membawa stress sebelum tidur memancing tubuh kita untuk memproduksi kortisol yang memicu adrenalin – akibatnya tubuh kita jadi alert, termasuk jantung berdebar-debar, mata sulit terpejam, dan akhirnya terjadilah susah tidur itu.

Tenangkan diri sebelum tidur, dan kalau perlu berdoa, “ya Tuhan, masalah saya besar, tapi Engkau lebih Maha Besar. Bantulah saya dan berilah saya kekuatan”

2) Menghitung Nafas

Ini dia satu kunci yang sudah membebaskan Thee dari penjara insomnia. Sebetulnya ini masih teknik meditasi, hanya saja dilakukan di tempat tidur pas gelap. Dan tahu nggak sih, kalau Anda melakukan ini, otak Anda akan secara otomatis memproduksi gelombang otak dengan frekuensi lebih rendah – gelombang alfa (sangat rileks), yang memudahkan Anda lanjut ke fase gelombang tetha (jatuh tertidur tanpa disadari). Dari melakukan ini saja, akhirnya Thee jadi berhenti pecicilan nggak jelas di atas tempat tidur dan bisa langsung tidur hanya dalam sekitar 10 menit setelah berbaring, walaupun nggak terlalu ngantuk. Ini dia :

–          Kosongkan pikiran Anda dari hal apapun. Pejamkan mata saja.

–          Fokuskan pikiran hanya pada nafas. Lakukan selama beberapa menit. Usahakan jangan terlalu banyak gerak-gerak.

–          Selama beberapa menit, Anda akan melihat “dream snapshot” atau semacam lintasan-lintasan sekilas gambar mimpi, mulai muncul ke pikiran Anda. Ini adalah tanda Anda akan memasuki fase tetha. Kalau ini sudah terjadi, fokuskan pikiran Anda sekarang ke “dream snapshots” tersebut. Perhatikan warna apa yang Anda lihat, gambar apa, atau kilasan apa yang Anda alami. Setelah ini biasanya Anda akan jatuh tertidur.

3) Minum susu

Minum susu 30 menit sebelum tidur akan membantu tubuh memproduksi melatonin, yang membantu tubuh untuk rileks dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

4) Ritual sebelum tidur

Misalkan Anda merasa masih jauh dari mengantuk, Anda bisa melakukan sesuatu untuk kegiatan pengantar tidur seperti membaca buku, atau mendengarkan lagu slow untuk nina bobo….supaya terpancing untuk mengantuk.

Good night and sweet dream! :)

Related posts:

  1. CARA ANEH UNTUK MEMPERCEPAT KEHAMILAN, TAPI AMPUH!
Latest Comments
  1. vava

    YA ALLAH .. Ini yang lagi mengganggu waktu istirahat malemku banget Thee !! Bener sih saat2 ini lagi banyak bgt masalah :(
    Tapi ini berpengaruh besar sama kesehatanku Thee !! :(
    Tiap hari aku pasti mual & pusing . Rasanya kpalaku tu penuh banget !! Kaya mau pecah :'( *nauzhubillahminzalik*
    Aku coba tips dari kamu ini yaa T

    • theeas

      haha, iya vava,,,,Thee juga tukang begadangan loh…:D sampe sering meler. 5 tips ini bantu banget….good luck trying them

  2. Niemahzai

    Thanks banget Thee. Aq ngefans banget ama postinganmu. Banyak banget manfaatnya, I want to copy paste u thee.

  3. terjunbebas

    wajib di coba…selamat datang sehat :)

  4. delvina

    Yg Komen nya knp harus panjang panjang 😐 kan bisa dikit dikit, benar benar haha 😀

  5. dhoni

    Terimakasih. Sangat membantu saya yang sulit tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.