SUKA BEGADANG? WASPADAI 5 AKIBAT INI

By +Theeas

kurang tidur begadang

“Haduuuuh…besok ujian nih! Belum lagi laporan praktikum segambreng-gambreng! Kebut semalam aja dah!”. Di zaman serba cepat ini, begadang sering jadi solusi cepat untuk bisa mengejar deadline tugas atau pekerjaan, dan tanpa kita sadari kita pun menumpuk penyakit plus memupuk kebiasaan jelek. Bahkan untuk yang muslim, gara-gara begadangan, sampai-sampai bangun sholat subuhnya sendiri beda tipis sama sholat dhuha, waduh? 😀

Mungkin sudah saatnya teman-teman pembaca berpikir seribu kali dulu kalo mau begadang, mengingat tubuh Anda bisa menanggung akibat-akibat berikut :

1) Penurunan daya konsentrasi dan daya ingat

Berapa kali Anda yang mahasiswa nekad tidak tidur semalaman demi belajar mengejar ujian? Namun, berapa banyak materi yang bisa Anda ingat besoknya dari hasil begadangan? Kekurangan tidur bisa membuat Anda kesulitan mengingat informasi jangka pendek. Sebab, pada saat tidur atau ketika otak Anda dalam gelombang delta, saat inilah otak Anda bekerja menyimpan memori jangka pendek dan panjang – ibarat autosave pada komputer. Cukup tidur sangat dibutuhkan bila Anda sedang ingin mempelajari hal baru.

2) Bangun dalam keadaan loyo

Ini lebih diakibatkan bila begadang juga diiringi dengan kekurangan tidur. Misalnya, bila Anda tidur jam 3, tapi sudah harus berangkat jam 8 pagi. Untuk bisa bangun dengan baik, tubuh Anda harus melengkapi 4 siklus tidur secara sempurna : fase tetha, “sleep spindles”, delta, dan REM (rapid eye movement, atau fase di mana Anda bermimpi). Semua fase ini berulang setiap 45 menit sekali ketika Anda tidur. Untuk melengkapi semua fase tersebut, umumnya dibutuhkan tidur antara 6 – 8 jam.

Fase delta adalah yang disebut “deep sleep” dan bila Anda dibangunkan paksa pada fase ini, biasanya ditandai dengan kantuk berat plus pusing luar biasa ketika membuka mata. Kebanyakan penderita tidur berjalan atau sleepwalking juga melakukan “aktivitasnya” pada fase delta. Bila Anda bangun begitu saja di tengah-tengah siklus atau tanpa melewati semua siklus ini dengan sempurna, tubuh Anda akan merasa kurang beristirahat.

3) Kekebalan tubuh menurun

Tidur adalah waktu tubuh Anda me-recharge baterai energi untuk keesokan harinya. Selama otak memproduksi gelombang delta, atau fase deep sleep, tubuh Anda memproduksi immunoglobulin untuk kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Tidur cukup juga merupakan prasyarat produksi growth hormone secara optimal, hormon yang berfungsi sebagai anti-aging alami dalam tubuh.

4) Stress, Moody, Uring-Uringan

Pernahkah Anda mengalami hal seperti jantung berdebar-debar, stress, dan bawaannya bad mood karena kurang tidur? Hal ini karena kurang tidur dapat memicu pengeluaran hormon stressor yang disebut kortisol. Dalam jumlah kecil, kortisol berguna ketika tubuh menghadapi hal-hal darurat dengan memicu adrenalin dan mobilisasi lemak, karbohidrat, dan protein supaya kita punya energi untuk “langsung cabut”. Namun dalam jumlah berlebih, kortisol dapat menekan sistem imunitas tubuh dan menimbulkan gejala-gejala bad mood.

5) Resiko penyakit jantung dan stroke

Tak hanya gejala bad mood, kortisol berlebihan yang ditimbulkan dari kekurangan tidur juga dapat mendorong inflamasi tubuh, meningkatkan resiko hipertensi, serangan jantung, sampai stroke. Menurut penelitian Dr Michelle Miller dan Prof. Fransesco Cappucio dari Universitas Warwick, sebagaimana dimuat di European Heart Journal : tidur kurang dari 6 jam setiap malam meningkatkan 48% resiko kematian atas serangan jantung dan 15% resiko stroke.

Menurut keduanya, kurang tidur bisa menjadi bom waktu bagi siapapun pelakunya. Penelitian ini melibatkan lebih dari 470.000 sukarelawan dari 8 negara, termasuk Jepang, AS, dan Inggris.

Anda mau begadang malam ini? Lebih baik……bobo aja deh ^__^

Sumber : sciencedaily.com

No related posts.

Latest Comments
  1. korlis kedi'it kenyah

    wajib dibaca buat yg suka begadang…

  2. sutoro

    wah keren boz

    mantep

  3. encu

    hahahag Thanks bozz

  4. Yunan Hidayah

    Begadang jadi lumrah utk anak kuliahan… hee

  5. terjunbebas

    menyeramkan begadang itu..tp tetep susah tidur :((

  6. Jefry

    kalau pas ada pertandingan bola yang seru dan disiarkan malam hari saya sering sekali begadang
    ternyata begadang amat tidak baik bagi kesehatan kita ya..
    terima kasih infonya, saya kan mulai mengurangi aktifitas begadang

  7. bayu

    saya kerja sip malem terus, jadi bisa di ganti dgn tidur siang ga? hatur nuhun

  8. heri

    thanks min infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.