5 CARA KOMERSIALISASI BLOG WORDPRESS.COM TANPA KENA BANNED

By Theeas

monetisasi wordpressBagi Anda teman-teman pembaca yang punya blog di wordpress.com, pasti tahu betapa tante wordpress paling anti sama komersialisasi blog. Ketahuan komersialisasi, BREEET, hilanglah blog tercinta kita kena banned. Padahal di sisi lain, wordpress.com punya banyak kelebihan yang bikin user-nya cepet jatuh cinta seperti interface gampang, amatir pun bisa mengoperasikan wordpress, search engine friendly, dan tampilan template blog yang cantik.

Setelah jalan-jalan ke blog wordpress.com lain yang sukses mengkomersialisasikan blog mereka tanpa ketahuan, dan membaca Terms and Conditions resmi dari wordpress.com, inilah 5 cara untuk mengkomersialisasi blog Anda tanpa kena banned :

1) Jangan memakai “link panas”

Seringkali saya jalan-jalan ke blog wordpress.com yang memakai blog ini untuk berjualan kue, busana muslim, bahkan promosi hotel. Jelas-jelas itu adalah komersialisasi, tapi kenapa mereka bisa survive? Setelah mampir ke wordpress.com, mereka ternyata mendeteksi komersialisasi blog dari “link-link panas” seperti affiliate link, script jualan text link ads, text ads, dan semacamnya. Kalau terdeteksi, biasanya wordpress akan memberi kita warning untuk menghapus link-link semacam itu.

Solusinya? Saya sendiri sih belum pernah mempraktekkan ini – hanya mengamati blog-blog yang survive dari banned : jadi kalau mau jualan sesuatu misalnya ebook, bilang aja “yang berminat silahkan hubungi nomor 08XYZ, pembayaran kirim ke rekening XYZ”.

Saran saya : hati-hati dengan cara ini, karena apabila ada visitor yang tidak senang dan melaporkan blog Anda ke pihak support WordPress.com dengan tuduhan komersialisasi, posisi Anda akan terancam.

2) Jangan membuat blog bertema “make money online” di wordpress.com

WordPress.com paling anti dengan tema-tema make money seperti forex, MLM, affiliate marketing, money game, dan semacamnya. Menurut wordpress, tema-tema seperti ini sangat rentan dengan klaim kekayaan instan atau skema uang kilat yang suka dibesar-besarkan penulisnya (walaupun, ya dari pengalaman Thee nggak selalunya seperti itu sih) dan karenanya, dilarang keras di wordpress.com.

3) Memakai layanan WordAds

Menjelang akhir tahun 2011, wordpress mengeluarkan kebijakan untuk memperbolehkan komersialisasi blog yang disebut wordAds. Jadi, itu adalah seperti adsense, tapi di-launching oleh WordPress.com untuk para penggunanya. Dengan WordAds, Anda bisa 10000% legal menghasilkan uang dari blog WordPress.com tanpa kena banned. Detilnya ada di sini : http://en.wordpress.com/apply-for-wordads/

4) Produk yang Dijual adalah karya Anda sendiri

Ini adalah pernyataan dari TOS WordPress.com sendiri. Misalnya Anda menulis buku dan didaftarkan di Amazon, atau Anda jualan merchandise dan dijual di toko online pihak ketiga seperti etsy, atau cafepress…..Anda boleh memasang link ke produk buatan Anda sendiri yang dijual tersebut. Yang dilarang oleh WordPress adalah affiliate link. Kalau kurang jelas atau masih ragu, Anda konsultasi saja dulu sama pihak support WordPress tentang ini.

5) Migrasi ke WordPress.org

Kalau Anda tetep nggak kuat aja dengan kebijakan anti-komersialisasi blog WordPress.com, ya pindah rumah aja. Beli domain dan hosting, dan pake WordPress.org sebagai content management system (CMS) nya. Sama-sama wordpress, tapi karena ini domain dan hosting Anda sendiri, Anda bebas mengisi blog Anda sesuka hati tanpa takut di-banned siapapun.

Selain itu, memakai WordPress.org juga punya banyak kelebihan seperti bisa dipasangi buanyyaaak pilihan themes yang cantik-cantik namun gratisan, dan bisa dipasangi plugins yang mempermudah kerja kita. Kedua hal ini nggak bisa Anda dapatkan di WordPress.com.

Percaya atau tidak, blog yang Anda baca ini (ahem…) dulunya bersarang di halfscience999.wordpress.com, namun lalu dimigrasikan ke domain dan hosting sendiri dengan nama theopage.net. CMS-nya juga wordpress, tapi boleh dikomersialisasi sesuka hati. Maklum, udah cinta berat ama WordPress….:D

Related posts:

  1. PILIH BLOG, WORDPRESS ATAU BLOGSPOT? (AWAS HATI-HATI!!!!)
  2. BLOG HALFSCIENCE AKHIRNYA PINDAH RUMAH…
  3. 16 WEBSITE UNTUK BIKIN BLOG GRATIS
Latest Comments
  1. Download Lagu Gratis

    konten apa saja yg gk boleh dipasangin wordads gan? ketat kayak adsense gk sih? minimal po berapa dan via apa gan? thanks :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.