SURAH AL FALAQ DAN SIMPUL DEWI ISIS

By Theeas

Kita-kita yang muslim pasti sudah familiar dong dengan Surah Al-Falaq sejak SD. Qur’an surah yang satu ini mengajarkan kita doa kepada Allah untuk berlindung dari kejahatan manusia yang tidak kita sadari keberadaannya. Yang menarik dicermati adalah Surah Al-Falaq ayat 4 “wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqad” yang terjemahannya berarti “…dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembuskan nafasnya pada ikatan-ikatan simpul”.

Kata “naffaatsat” di atas merupakan bentuk kata feminin, yang berarti pelaku tukang sihir tersebut merujuk pada wanita. Apabila kata ganti pelakunya maskulin, maka kata tersebut menjadi “naffaatsin”. Sedangkan kata ‘uqad berarti simpul ikatan. Dalam berbagai tafsir Qur’an, dijelaskan bahwa tali ini menjadi medium sihir terhadap makhluk yang jadi target, seperti halnya boneka voodoo. Namun pada hakikatnya, surah Al Falaq ayat 4 menyeru kita berdoa minta perlindungan dari segala jenis black magic. Bentuk sihir yang disebutkan dalam ayat ini hanya salah satu “perwakilan”.

Walau memakai kata ganti pelaku wanita, ayat ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan wanita seperti “kenapa hanya wanita yang dituduh menjadi tukang sihir, bukannya pria juga banyak yang jadi dukun” – namun memang kemungkinan besar ada kaitan sejarahnya ketika ayat ini diturunkan. Ini dia…

Simpul Dewi Isis

Isis adalah dewi Mesir Kuno untuk kesuburan, pengobatan, pengetahuan, dan sihir. Isis sebenarnya hanya julukan – tidak diketahui siapa nama aslinya. Karena huruf Hieroglif hanya mengandung konsonan, dewi Isis disebut sebagai “asset” atau “is-set”. Kata “asset” dieja “isis” dalam bahasa Yunani. Artinya, “wanita bermahkota”.

dewi isis dengan sayap burung phoenix

Trinitas Isis, Osiris, dan Horus merupakan kisah legenda yang terkenal di negara piramid ini dan mungkin Andapun pernah dengar. Isis adalah istri dari Osiris, dan mereka berdua memiliki putra tunggal bernama Horus. Ada spekulasi bahwa Isis dan Osiris sebenarnya hanya manusia biasayang berasal dari dunia hilang Atlantis, sebab ada kecocokan antara simbol-simbol Atlantis dengan simbol yang dikenakan Isis dan Osiris. Namun karena kelebihan ilmu pengetahuan mereka, kemudian masyarakat setempat menganggap mereka dewa-dewi. Apalagi dalam bahasa hieroglif, kata “is-set” (Isis) juga dapat merujuk kepada makna “manusia mortal”. Wallahu a’lam.

Dalam legenda Mesir Kuno, dewi Isis dan suaminya sering turun ke bumi untuk mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada manusia : seperti cara membangun piramid, struktur alam semesta, cara bertani dan beternak, pengobatan, termasuk ilmu sihir. Isis menguasai ilmu sihir dari mencelakai ayah tirinya, dewa Ra. Karena Ra adalah penguasa lalim, Isis mengirimkan ular kobra yang menggigitnya. Agar bisa diobati dari racun ular, Ra harus memberikan rahasia sihirnya kepada Isis. Oleh Isis, ilmu sihir ini digunakan untuk tujuan kemakmuran rakyat Mesir.

Hampir semua murid-murid yang diajari langsung oleh Isis adalah kaum wanita. Salah satu ajaran Isis yang terkenal adalah ilmu sihir yang menggunakan ikatan tali atau simpul tali sebagai mediumnya. Bahkan, simpul kepangan rambut pun bisa dipakai untuk mengendalikan cuaca :D. Intinya, dalam sihir Isis, semua jenis simpul bisa jadi medium sihir. Sampai-sampai, ada simbol yang disebut “Simpul Isis” atau “the knot of isis”. Bentuknya mirip simbol Mesir Kuno “ankh”, hanya saja kedua tangannya terkulai.

simpul dewi isis dan surat al falaq

Simpul Magis Dewi Isis

Sebagai catatan, pada masa itu semua penyihir yang menggunakan simpul Isis sebagai medium magicnya adalah wanita. Bahkan pada masa Greco-Roman, semua pendeta yang melestarikan ajaran dewi Isis adalah wanita.

Penyebaran Sihir Dewi Isis

Dari masa ke masa, pemujaan Isis menggurita sampai ke luar Mesir. Di Yunani, muncul kisah dewi gandum Demeter yang pada hakikatnya, agak menyontek dari kisah Isis yang rajin turun ke bumi untuk mengajar kepada manusia. Muncul kuil-kuil pemujaan Isis. Di Sumeria, pemujaan dewi Isis menyaingi jumlah orang yang memuja dewi lokal mereka, Astarte.

Setelah agama Kristen berkembang di Romawi, ritual pemujaan Isis dilarang.Tapi toh, hal ini tidak mencegah penyebaran ajaran Isis di daerah luar Romawi. Di Irak, terdapat kuil-kuil pemujaan Isis yang berasal dari pertengahan 600M. Sebagai informasi, periode ini juga bersamaan dengan awal periode kenabian Rasulullah SAW dan awal kelahiran Islam. Dan Surah Al-Falaq merupakan wahyu yang diturunkan di Mekah, ketika Islam awal-awal lahir.

Bersamaan dengan ini, ilmu sihir Isis juga ikut menyebar sangat luas. Namun ada satu fakta unik : hampir semua penyihir yang melestarikan dan menggunakan simpul Isis sebagai medium sihir, berjenis kelamin wanita. Tergantung niat masing-masing penyihir, sihir simpul Isis bisa digunakan untuk tujuan baik (seperti pengobatan penyakit), atautujuan jahat (seperti menyantet orang, membunuh jarak jauh, menceraikan suami istri, dll).

Apabila Surah Al Falaq ayat 4 ini merujuk kepada sihir simpul Isis, ayat ini memang sejalan dengan fakta sejarah yang ada. Bisa jadi tanpa kita sadari Qur’an memberikan fakta sejarah yang unik, bahwa ilmu sihirIsis juga sempat tersebar ke tanah Arab. Namun tidakheran juga, sebab ada banyak orang Mesir, Irak, Romawi, dan sekitarnya yangtinggal di tanah tempat Rasulullah hidup ini – yang kemungkinan besar ikut menggunakan sihir dewi Isis.

This is it….

“Katakanlah : aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh. Dari kejahatan makhluk-Nya. Dan dari kejahatan (di balik) malam ketika ia telah gelap. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembuskan nafasnya pada ikatan-ikatan simpul. Dan dari kejahatan orang yang dengki ketika ia dengki” (QS Al Falaq : 1-5)

Disclaimer :

*Semua pengetahuan berasal dari Allah. Silakan komentar atau koreksi. Sekali lagi, artikel ini masih opini saya, dengan mencocokkan fakta-fakta sejarah yang ada. Mohon koreksi kalo ada salah….Peace ^___^*

Sumber : crystallinks.

No related posts.

Latest Comments
  1. hsacklahjl

    nise inpoh gan.

    Tambahan dari ane. yang ane tau kenapa mitos dewa-dewi paganisme di daerah Mesir critanya bisa mirip-mirip kayak yang di Eropa (contoh Yunani)??? masalahnya itu yang punya kerjaan organisasinya Dajjal/Anti-Kristus yang dimana mreka pada pengen bikin tatanan dunia baru (new world order). mreka ini masternya propaganda/ahlinya dibidang nyesatin orang yang dimana mreka smua ini kepingin manusia-manusia di dunia ini pada nyembah Tuhan yang mreka sembah, yang biasa orang Samawi nyebutnya “Setan”. nggak heran kalo kita liat Mesir ama Yunani kadang suka makek simbol/lambang-lambang yang mirip-mirip/berkaitan. contoh ular, spinx, dll.

    banyak cara yang mreka pakek buat bikin propaganda. dulu mreka makek kekuatan mistik buat ngibulin kita yang dimana orang-orang dulu nyebutnya sihir, tapi skarang mreka makek teori-teori ilmiah yang dimana orang-orang modern nyebutnya sains/iptek. bahkan nggak jarang juga mreka pada suka manfaatin anak-anak muda lewat seni&budaya.

    Mreka smua udah ada dari ribuan Tahun yang lalu, bahkan mreka juga ada di beberapa crita para Nabi orang-orang Islam. contoh Samiri pada jaman Nabi Musa, Para penyihir-penyihir pada jaman Nabi Sulaiman, dan Pendeta-pendeta Yahudi pada jaman Nabi Isa. Bahkan stelah meninggalnya Nabi Muhammad SAW, organisasi Dajjal/Anti-Kristus inilah yang berperan besar nyebapin Imam Husain wafat ampe kepalanya termutilasi/dipenggal.

    di akhir jaman nanti organisasi Dajjal/Anti-Kristus ini pula lah yang nyebabin Islam bakalan terbagi atas beberapa sekte (yang ane tau 99). initnya mreka pingin kita terpecah belah.

    • theeas

      Nggak juga sih….nggak selalunya kerjaan organisasi semacam illuminati, freemason, black sun, etc…Kalo dari segi sejarah, memang beberapa dewa-dewi terutama di Yunani dan Romawi itu agak mengadaptasi dari kebudayaan lain. Dewi Isis misalnya, punya nama lain di sana seperti Cybele atau Demeter. Termasuk Hecate dan Inanna yang sebenernya dewi Sumeria pun masuk jadi deity-nya orang Romawi dan Yunani.

      Adapun simbol-simbol “satanic” yang kita kenal seperti mata Horus/Ra, atau ular melilit, jangka dan penggaris siku2 (simbol resmi Freemason)n sebenarnya ASLINYA BUKAN LAMBANG SETAN. Mata Ra sebenarnya adalah simbol dari sacred geometry atau struktur alam semesta dengan 1 pusat tatasurya dengan planet2 yang mengelilinginya….dan mata Ra juga merupakan simbol akal dan kesadaran manusia. simbol ular melilit yang juga emblem Freemason sebenarnya simbol DNA dari Sumeria…pada masa itu para leluhur Sumeria berasal dari Atlantis telah mengembangkan rekayasa DNA. Dan simbol penggaris-jangka Freemason juga lambang alkemi kuno dari Sumeria.

      Masih banyak lambang seperti ini yang dikaitkan dengan organisasi2 “new world order” yang sebenarnya, PADA MASA SIMBOL ITU DIBUAT, mengandung filsafat tersendiri yang jauuuh sekali dari makna “dajjal” yang sekarang.

      • Azone

        ya memang organisasi2 yg mengusung new world order en para pagan memakai simbol2 tersebut,, jadi bukan mereka yg buat,,

        sebenarnya banyak juga kok simbol2 yg mereka comot bkn hanya dr mesir kuno sajah,,,

      • El-Rainy

        Wahh.. Keren! Info yang bagus dengan simbol dan arti filsafatnya yang dulu… Info yang berharga! 😀

  2. mas_b3dj0

    thanks ,nice info…

  3. murtadha

    menarik. saya minta izin share. cuma saya tidak sependapat ada sihir hitam dan putih. menurut pendapat saya yg bodoh ini, semua sihir adalah hitam, atau haram untuk dilakukan. Wallahualam.

  4. irod

    saya ga ngerti obrolan orang yang pada pinter mah

  5. key

    yg pnting smua tetap slalu jga diri n kyakinan. mari ucapkn “aku berlindung kpda Allah dr godaan syaitan yg trkutuk. Amin”

  6. Bintangkulim

    Bagus..infonya

  7. mbah slamet

    menurut ane bener agan paling atas…karena semua lambang2 itu menyimbolkan PENGETAHUAN MANUSIA yang INGIN MENYAMAI ALLAH dengan kata lain menganggap pikiran manusia diatas segalanya

  8. capcai

    allay lu bro.gak ada tu sihir bullshit .kallo ada coba buktikan .kalo emang bener ada nanti tu tukang sihir bisa tu dijadiin object penelitian ilmiah.terus hasil penelitannya bisa si expos lewat banyak media.kemudia bisa di jadikan duit tu hasil risetnya menyelam sambil helep helep kelagepan.hahaha

  9. capcai

    menurut gue dajjal tu juga cuma propagana doang.kalo dajjal emang beneran ada buktiin dong. jangan omdo doang.wkwkwkwk.

    ada satu lagi gua sering denger nama dajjal tapi mana buktinya cuma tulisan dari segepok buku doang sih om om penulis cerita fiksi juga jago.kalo cuma omdo sih apa bedanya ama dukun cabul yang hobi ngibul.dajjal is bullshit.

    orang sering ngomongin.dajjal tapi gak bisa buktiin.tapi kalo gue bisa buktiin.

    gue kasih tahu ya .fakta nya dajjal dibilang dibilang gak ada ya gak ada.tetapi kalo dibilang ada ya ada.ada dalam khayalan pikiran kalian. selanjutnya ada gak ada itu cuma gagas yang ada dikepala kalian.ada gak ada cuma ciptaan pikiraan kalian.selanjutnya terserah kalian. wkwkwkwk…….

    bagi gue dajjal cuma deretan huruf yang berbunyi dajjal. dajjal tak lebih dari hoax klasik ala timur tengah yang kering kerontang dan kurang kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.