Maafkan Saya Pembaca…..

By theeas

Wow, tak terasa sudah 2 bulan saya nggak update blog ini. That’s a friggin’ long time! Maafkan teman-teman pembaca…..not that I don’t love you or care about you anymore….tapi karena saya lagi S-2 sekarang, tugasnya seamit-amit….sehingga saya jadi almost restless mengejar-ngejar penyelesaian tugas. Kalo ngikut lagunya Within Temptation….”I’ll go faster, faster, faster, faster…” :p

Dan kalo nggak keberatan mendengarkan sedikit curhat Thee ^__^ ada beberapa hal yang sempet bikin Thee kepengen berhenti ngeblog, tepatnya 2 bulanan yang lalu.

waktu saya ngeblog pertama kali, tujuannya adalah idealisme : sharing ilmu, karena saya suka membaca apapun dan apapun. Sebagai penggemar Harun Yahya, saya selalu percaya kalau hal-hal dalam Islam pun bisa connect sama science. Dari situlah saya membikin blog ini : half scientific, casual, dan Islami.

Mungkin kalau Anda keliling-keliling blog ini sejenak, Anda akan menjumpai artikel tentang tips-tips mempercepat hamil. Kebetulan saya internet marketer newbie juga, di niche kesehatan salah satunya pregnancy niche.

Okay, until that happened. Saya sedang menulis naskah mailing list untuk keperluan internet marketing di niche pregnancy dan butuh lebih banyak sumber. Saya memang selalu serakah soal ilmu dan buku. Walau sudah punya banyak tapi never enough. Akhirnya di kampus saya yang sekarang, saya pergi ke toko buku mahasiswa di sana, membeli buku “201 Tips untuk Mempercepat Kehamilan”.

Waktu saya buka segel dan baca bukunya, saya agak kecewa karena buku itu ternyata nggak lebih baik dari semua info pregnancy yang sudah pernah saya kumpulkan. Dan kecewa karena toko buku itu menyegel bukunya sehingga kita tidak bisa mengecek isinya, segelnya pun tidak boleh dibuka sebelum dibeli, dan setelah dibeli pun bukunya tidak bisa dikembalikan. Padahal harganya lumayan buat ukuran anak kosan…bisa buat makan dua hari.

Dan yang lebih kaget lagi…..kira-kira 10 tips dari 201 tips ini dicopy paste full dari blog ini. Setiap titik koma dan kalimatnya tentu saya masih ingat walau sudah ditulis beberapa tahun lalu. Bahkan sedihnya si penulis tidak mencantumkan sumbernya! (waktu itu masih halfscience999.wordpress .com). Kesel juga apalagi pas baca cover dalamnya “hak cipta penulis dilindungi undang-undang…dilarang mengutip dst”…seolah-olah apa yang ditulis itu 100% karya dia. OMG! Saya baru tahu kalo di Indonesia seseorang bisa menulis buku hanya dengan copy paste tambal sulam. Padahal di biografi singkatnya, dijelaskan dia sudah pernah menulis beberapa buku sebelumnya. Apa jangan-jangan semua buku dia yang sebelumnya juga copy paste internet?

Begini yah. Saya menulis ini dengan marah bukan karena saya mengharap royalti atau karena saya attention whore (a.k.a. CaPer). Sama sekali saya nggak kepikiran “it’s all about money”. “Untungnya” sih, apa-apa yang dia plagiasi itu adalah artikel yang sebenarnya saya translate dari artikel bahasa Inggris (tapi saya cantumkan sumbernya juga). Saya memang punya aturan untuk diri sendiri untuk selalu mencantumkan sumber tulisan blog, walaupun dalam bentuk no-follow. Tapi tetap saja untuk mengkompilasi, menyeleksi, dan menulis ulang sumber-sumber itu ke blog ini juga butuh effort alias usaha. Saya tidak pernah memakai alat bantu terjemahan saat mentranslate. At least, untuk menghargai kerja keras orang lain tersebut, cantumkanlah sumbernya.

Saya juga menyesal saya terlambat menyadari ini. Ke mana lagi saya harus complain, kalau bukan di blog ini? Dari awal saya ngeblog saya memang udah feeling kalo resiko ngeblog adalah sooner or later, isi blog ini akan dicopas orang lain. Tapi kalo mikir resiko terus dan mundur karena itu….kapan kita akan maju? Kapan kita akan mendobrak outside the box?

Kalo mau jujur, saya malah jadi patah semangat untuk ngeblog lagi gara-gara kejadian itu. Pernah saya kepikiran untuk menghapus saja blog ini. Saya menulis blog ini atas keprihatinan saya juga dengan banjirnya blog-blog Indonesia yang copy paste di luar sana, atau website-website Indonesia yang menggunakan page-cloaking atau keyword-stuffing tapi terindeks bagus di search engine. Anda pernah tidak? Ketika Anda mengetik suatu keyword, tapi ternyata yang muncul kebanyakan adalah website-website nyampah yang hanya ada keyword tags-nya doang, tapi nggak ada isinya. Memang Theopage hanya blog kecil, but I always believe in a small change.

Saya harap kejadian ini nggak akan terulang lagi.

Dan insya Allah, setelah musim UAS selesai minggu depan, blog ini akan dipenuhi lagi artikel-artikel hot….Semoga nggak bosen yah hehehe :p

Regards,

Theeas

No related posts.

Latest Comments
  1. Ababil

    Sabar aja… ambil hikmah. Jangan dilihat dari apa yang dihasilkan dari copas yang tidak bertanggung jawab itu, tapi lebih kepada bahwa tulisan Anda layak untuk diangkat dan memenuhi kriteria ilmu yang bermanfaat. Orang tidak akan mulia karna mencuri ide orang lain, karna ide itu milik Allah Subhana wata’alah. Maaf bukan maksud menggurui cuma mengingatkatkan (Ad-dinu nashihah).

  2. hartadi

    Tulisan2 mbak menurutku sangat menarik. Mohon tidak patah semangat. Saya selalu menanti karya2 tulis mbak. Saya ikut menyesal atas apa yang terjadi pada karya mbak yg dijiplak.

    Mudah2an orang spt itu yang membuat karya jiplakan suatu saat kena batunya dituntut oleh pengarang yang asli dan menjadi malu karenanya.

    Teruslah berkarya mbak, krn tanpa disadari mbak telah memiliki penggemar dan pengagum. Jangan kecewakan mereka ^_^

  3. Yuda

    Jadi inget nasehat guru saya, kurang lebih begini. “Terputus amal anak adam ketika ia meninggal kecuali 3 perkara. Ilmu yg bermanfaat, amal jariah, dan anak yg shaleh”.
    Insya Allah, Allah selalu mengirimkan royaltinya kepada Anda setiap ada orang yg mendapat tambahan ilmu dari blog Anda, langsung ataupun tidak langsung!
    Semangat Mas Bro!

  4. Yuda

    Jadi inget nasehat guru saya, kurang lebih begini. “Terputus amal anak adam ketika ia meninggal kecuali 3 perkara. Ilmu yg bermanfaat, amal jariah, dan anak yg shaleh”.
    Insya Allah, Allah selalu mengirimkan “royalti” pahalanya kepada Anda setiap ada orang yg mendapat tambahan ilmu dari blog Anda, langsung ataupun tidak langsung!
    Semangat Mas Bro!

  5. Cototon

    Tetap Semangat ya … Kita hidup pasti ada baik buruknya …

  6. Arman

    Saya sudah ngeliat beberapa video Harun Yahya dan saya merinding. Kalau sekenanya tidak lancang bolehkah saya memberi rekomendasi buku keren dan ciamik untuk di baca buat pemikiran seperti mba. Saya mempunyai beberapa koleksi buku Agus Mustofa. Semoga dengan melihat judulnya mba tidak negatif tingking dulu. bisa di search aja di google. thx mba :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.