CARA MENDETEKSI GELATIN BABI PADA KAPSUL, DENGAN TANGAN DAN LUDAH!

By Theeas

Seringkali kita umat muslim was-was apabila hendak mengonsumsi suplemen kapsul yang tidak ada label halalnya – kapsulnya dari gelatin babi atau bukan? Apalagi, Indonesia masih belum bisa memproduksi massal gelatin sendiri. Sebagian besar gelatin kita impor. Walhasil, 80% gelatin yang beredar di pasaran indonesia adalah gelatin babi.

Sebagai informasi, dalam Islam, berobat dengan barang haram hukumnya makruh…bukan haram. Ini adalah keringanan yang diberikan Allah. Namun apabila kita mampu untuk berobat dengan barang halal, maka kita harus beralih ke barang halal. Seorang sahabat Rasul misalnya, dibolehkan Rasul untuk memakai sutra karena kulitnya gatal-gatal. Sutra hukumnya haram apabila dipakai oleh pria, namun dalam hal ini dibolehkan karena bertujuan untuk pengobatan – walau kebolehannya makruh.

Nah back to topic, bagaimana cara membedakan kapsul yang terbuat dari gelatin babi dengan yang bukan? Ternyata caranya gampang sekali, teman-teman pembaca.  Dan saya juga baru tahu ini setelah diberitahu dosen. Cukup dengan modal tangan dan ludah saja.

Mula-mula, jilat jari kita sampai basah oleh ludah. Setelah itu, tempelkan jari pada si kapsul yang dicurigai mengandung gelatin babi. Biarkan menempel beberapa saat, misal selama 15 detik. Nah kalau si kapsul itu lengket di jari kita atau tangan kita jadi kelunturan kapsul itu, berarti kapsul itu terbuat dari gelatin babi. Tapi kalau si kapsul tidak lengket dan tidak melunturi tangan kita, berarti bukan gelatin babi. Bisa jadi gelatin sapi atau rumput laut, tapi bukan babi.

OK. Tenteram sekarang? :)

Related posts:

  1. PERUT BUNCIT JADI RATA DENGAN CARA INI!!! MAUUUU????
  2. FOTO BAHAYA DAGING BABI YANG TIDAK ANDA SADARI…
  3. VIRUS FLU BABI : SEMPAT “TERTIDUR” 10 TAHUN, SEBELUM AKHIRNYA MENCUAT !!
Latest Comments
  1. badroe

    ringan sekali ternyata ya untuk membedakanya. Apa sebeneranya yang membedakan nempel/tidak antara gelatibn bagi dengan yang lainnya??

    makasih

  2. amboi

    Nempel karen emang babi males mandi dia takut air senengny sama lumpur..jadi lengket deh badannya wkakwkakaa..

    Hanya bercanda mas..

  3. ana bi khoir

    oh begitu ya, syukron sharingnya :)

  4. rissayoen

    apa semua kapsul yang di pakai untuk obat mengandung gellatin semua??
    lalu,apa ada cara lain selain dengan ludah/ untuk membuktikan mengandung gelatin atau tidak??

    terimakasih~

    • theeas

      yep, semua kapsul itu memang bahannnya gelatin. Tapi bahan gelatin itu bisa terbuat dari babi, selulosa, atau sapi. selain ludah ya bisa sih tapi harus pake analisis di lab seperti HPLC

  5. Ardian

    Saya tes dengan cara di atas untuk produk herbal yang ada sertifikat halal MUI (cangkang kapsulnya) kok sama ya, masih tetap lengket begitu. Mungkin ada cara lainnya yang lebih mudah? Thanks

  6. hasdar

    wah …
    menurut saya g bisa dipakai cara itu
    gelatin itu sifatnya lengket baik dari priuduk badi atau non babi
    sy penelitian terkait gelatin yg diproduksi dari kulit kaki ayam
    kebetulan teman satu lab juga prosuksi gelatin dari kulit goat dan satu lagi teman dari pig
    semua sifatnya sama lengket
    apalagi kalo sudah kena air sulit lepasnya

    untuk membedakan itu bisa dengan PCR

  7. AHMAd

    bagus banget

  8. Abdul Aziz

    Sebelum nya saya mohon maaf, bila kurang berkenan. Tapi, kalau pendapat di atas tidak punya dasar yg kuat seperti bantahan “hasdar” di atas… Saran saya postingan ini di hapus saja, agar tidak membingungkan ummat atau bahkan bisa jadi fitnah terhadap LPPOM MUI atau produk2 yg sudah tersertifikasi.

  9. farniss

    mas hasdar bisa tolong jelaskan lebih rinci mengenai metode PCR?

  10. tejomoeljono

    Wah bermanfaat sekali infonya , terimakasih

  11. wardah

    Bermanfaat infonya, mungkin ada lembaga terkait yang memberikan data pendukung, mungkin LPPOM MUI agar kita konsumen muslim semakin yakin aman dan nyaman dengan produk halal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.