NUTRISI UNTUK ATASI KEBOTAKAN DAN RAMBUT RONTOK! (MEN ONLY)

Compiled by Theeas

(an Article requested by Gary Prima)

T : Kenapa cowok banyak yang botak tapi cewek enggak???

J : hal ini karena bagian permukaan kepala manusia dilapisi oleh sebuah membran. Membran ini ada pada pria dan wanita dan ketika mereka masih remaja, membran ini masih tipis. Namun seiring berjalannya waktu (bertahun-tahun kemudian), membran pelapis permukaan kulit kepala ini bertambah tebal pada pria, dan jadi makin elastis. Membran ini kemudian mulai menekan pembuluh darah yang biasa menyetor nutrisi kepada rambut. Akhirnya, aliran darah ke rambut terhambat dan rambut mulai mengalami malnutrisi (baca : kurgizzz) akibat kekurangan darah yang membawa oksigen dan nutrisi. Namun, proses ini jarang terjadi pada wanita. Hormon, stress, asupan gizi yang jelek, dan cara perawatan rambut ikut menyumbang pada penebalan membran ini pada pria.

.

DHT, Biang Kerok yang Bikin Botak

Anda sudah sering mendengar kalau stress adalah salah satu faktor penyebab rambut rontok dan kebotakan. Tapi sebenarnya, 95% kasus kerontokan rambut disebabkan oleh overproduksi DHT dalam tubuh. DHT (atau dihidrotestosteron) adalah produk sampingan reaksi kimia dari testosteron dan enzim 5-alfa-reduktase. DHT ini lalu menempel pada sel-sel reseptor folikel rambut, sehingga menghalangi aliran darah dan nutrien yang seharusnya menjadi “hak” rambut. Akibatnya, folikel rambut mengalami “malnutrisi”. Malnutrisi inilah yang akhirnya membunuh folikel, membuat rambut jadi lemah dan menipis, dan akhirnya rontok. Sebaliknya, makin sedikit DHT dalam tubuh, makin baik pertumbuhan rambut kita.

Kelebihan DHT dapat terjadi baik pada pria maupun wanita, dan tak hanya kerontokan rambut namun termasuk jerawat. Pada wanita, kelebihan DHT juga menyebabkan timbulnya karakteristik maskulin, seperti suara lebih berat, pembentukan otot-otot, pengecilan payudara, dan pertumbuhan rambut-rambut wajah. DHT adalah penyebab penipisan dan kerontokan rambut (terutama pada pria umur 20 – 45 tahun). Anda boleh saja ganti shampo, mencari pertolongan pertama ke salon, atau mengoleskan lidah buaya sebanyak-banyaknya ke kulit kepala. Namun langkah awal yang diperlukan adalah mengobati dari dalam, yaitu memblokir DHT.

DHT dapat diperangi dengan 4 cara :

1. Mencegah DHT dari mencapai reseptor-reseptor folikel rambut

2. Mengurangi produksi DHT

3. Mencegah produksi enzim 5-alfa-reduktase, biang kerok yang mengubah testosteron menjadi DHT

4. Mengurangi zat-zat yang dapat memicu produksi enzim 5-alfa-reduktase, seperti kolesterol. Mengurangi kolesterol dapat menurunkan DHT. Jadi, dengan mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol, Anda dengan sendirinya mengurangi resiko kerontokan rambut!!!

.

Perangi DHT dengan Makanan!!

Di sini kita akan berkenalan dengan para kandidat yang dapat memerangi DHT :

1. Seng

Seng adalah pemblokir DHT alami dan terdapat melimpah pada alam, dan sumbernya adalah sayur-sayuran daun hijau. Di samping itu, seng sangat baik untuk pria karena dapat menyehatkan prostat dan meningkatkan kesuburan. Kalau Anda tidak doyan sama sayur, liat tampang sayur aja udah males, cobalah suplemen seng. [Tapi entah beredar apa enggak di Indonesia suplemen gitu, soalnya perasaan belum pernah liat tuh ??!?? <=(

2. Green Tea

Green tea adalah pemblokir DHT alami dan ia juga menurunkan kolesterol. Selain itu, dipercaya bahwa meminum green tea atau meminum pil ekstraknya dapat menghentikan kerontokan rambut dan membantu pertumbuhan kembali rambut di tempat yang mulai botak.

3. Minyak Biji Labu

Telah terbukti menghambat pembentukan DHT dengan menghambat aktivitas 5-alfa-reduktase. Hal ini akan sangat menguntungkan terutama bila Anda menglamai kerontokan rambut yang disebabkan oleh usia.

4. Minyak Emu

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak emu mengandung asam linoleat dalam jumlah tinggi yang merupakan zat antiandrogenik yang efektif. Asam linoleat adalah inhibitor 5-alfa reduktase dan selain dapat mengobati kebotakan, juga dapat membantu mengobati hiperplasma prostatik. Minyak emu bekerja ganda, yakni menghambat DHT dan membantu pertumbuhan rambut. Aplikasinya cukup mudah, yakni dioles ke kulit kepala sebelum tidur, semalaman. Minyak emu telah banyak beredar di Indonesia.

5. Jelatang

Tanaman yang membikin gatal ini ternyata mengandung fitosterol yang dapat menghambat produksi DHT. Jelatang juga dapat memblokir akumulasi kolesterol dalam prostat, “pembantu utama” DHT. Ketika jelatang dikombinasikan dengan Saw Palmetto, akan tercipta efek sinergis dalam mencegah rambut rontok.

6. Isoflavon Kedelai

Ini adalah “kandidat” yang paling gampang didapatkan untuk orang Indonesia, soalnya bisa ditemui di tahu, tempe, dan susu kedelai. Isoflavon kedelai memiliki sifat pemblokir DHT, salah satunya dengan menurunkan kolesterol jahat yang dapat memproduksi enzim 5-alfa reduktase.

SUMBER :

www.e-mallglobal.com (Natural Ways to Block DHT Production)

http://www.dhtblocker.net/block-dht.html  (Blocking DHT – Your Bet to Stop Hair Loss)

.P.S : sori sori karena akhir2 ini saya belum bisa melayani semua requestan…..soalnya masih sibuk ngedraft skripsi….doain yach….

Related posts:

  1. RESEP RUMAHAN UNTUK MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN RAMBUT
  2. 15 RESEP RUMAHAN UNTUK ATASI KULIT BERSISIK
  3. 10 NUTRISI UTK TINGKATKAN KESUBURAN PRIA : FAKTA YG BELUM ANDA KETAHUI
  4. 6 RESEP MUDAH ATASI BAU MULUT
Latest Comments
  1. Ari

    Kami menjual zinc yang berkadar cukup

    • siswanto

      Saya Ises, domisili di pekanbaru – riau. Kira2 dimana / tempat mendapatkan zinc yang bagus? jika ada produknya dipasaran apa namanya? tq

  2. siswanto

    KAlo minyak Emu bisa didapat dimana ya……. mohon info. tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.