10 NUTRISI UTK TINGKATKAN KESUBURAN PRIA : FAKTA YG BELUM ANDA KETAHUI

Compiled by Theeas

Kegagalan membuat anak belum tentu sepenuhnya “salah istri”, karena hal itu termasuk tanggung jawab Anda berdua.  Sekarang, giliran Anda untuk memastikan apakah apa yang Anda makan telah menunjang impian Anda untuk menimang anak.

Zat-zat nutrisi di bawah ini dapat meningkatkan jumlah sperma dan menguatkan mobillitas sperma, agar ia kuat berenang dalam rahim. Namun jangan mengharapkan hasil dalam semalam, butuh waktu beberapa bulan agar hasilnya efektif.

1. L-Arginin

Asam amino non esensial yang dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah dan mobilitas sperma. Tubuh secara alami memproduksi arginin. Namun seiring dengan naiknya usia, produksi alami arginin akan menurun. Sumber L-arginin : putih telur (salah satu sumber tertinggi), seafood, kacang-kacangan, biji labu.

2. Koenzim Q10

Membantu menaikkan jumlah dan motilitas sperma, di samping efek antioksidan lain dan dalam tubuh Koenzim Q10 juga membantu mengoptimalkan kinerja Vitamin E dalam tubuh. Koenzim Q10 juga telah digunakan untuk membantu pengobatan HIV/AIDS. Sekarang telah banyak suplemen koenzim Q10. Sumber dalam makanan : ikan, hati, dan ginjal.

3. L-carnitine

Dibutuhkan agar sperma berfungsi normal. Pria dengan jumlah sperma sehat yang tinggi biasanya memiliki kadar carnitine tinggi dalam tubuhnya. Sekarang di Indonesia, L-carnitine telah beredar dalam suplemen.

4. Vitamin C

Vitamin C sangat esensial untuk pembentukan sperma. Kekurangan vitamin C pada pria dapat menghambat memperoleh keturunan. Perbaikan untuk hal ini memerlukan waktu satu  bulan dengan meningkatkan konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram. Kualitas dan  jumlah sperma serta aktivitasnya dapat ditingkatkan dengan menambah konsumsi vitamin C. Bila Anda malas makan buah-buahan, segeralah ke supermarket ambil minuman Vitamin C. Menu terbaik untuk meningkatkan kualitas sperma adalah pepaya.

5. Selenium

Selenium dipercaya bagus untuk pergerakan sperma. Kira-kira 50% dari selenium total pada pria terletak pada testes dan tabung seminal.

sperma normal (2 buah di kiri atas) dan sperma abnormal (sisanya)

sperma normal (2 buah di kiri atas) dan sperma abnormal (sisanya)

6. Seng (Zn)

Sangat penting untuk kesehatan reproduksi pria dan produksi sperma. Seng diperlukan untuk produksi testosteron—pada tubuh pria, kadar seng tertinggi ada pada kelenjar prostat dan sperma. Kekurangan seng mengakibatkan berbagai masalah seksual seperti abnormalitas sperma dan penyakit prostat. Seng juga membantu mempertahankan volume sperma sehat dan jumlah testosteron. Sumber seng adalah kerang laut dan biji labu.

7. Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 menyebabkan kurangnya motilitas dan jumlah sperma. Salah satu kekurangan vitamin yang paling banyak terjadi adalah Vitamin B12. Jadi pastikan Anda mengonsumsi vitamin ini dengan jumlah cukup.  Sumber vitamin B12 : tape, kerang, hati domba, hati sapi, ikan mackerel

8. Vitamin E

Fungsinya untuk membantu meningkatkan kesehatan sperma. Radikal bebas dapat merusak kualitas sperma, dan vitamin E (juga vitamin C) sangat dibutuhkan untuk mengurangi radikal bebas tubuh termasuk sperma. Sumber vitamin E : kecambah, minyak zaitun

9. Asam Lemak Omega 3 dan 6

Meningkatkan fluiditas sperma (jadi makin “licin” renangnya di rahim :-) ) dan kesuburan pria. Sumbernya adalah ikan laut dan minyak ikan.

10. Ginseng

Meningkatkan kualitas testosteron dan jumlah serta kualitas sperma.

.

SUMBER :

Male Fertility – 11 Essential Supplements to Increase Male Fertility. Sacha Tarkovsky.

Daily Sex Improves Sperm Quality. 2009.

Coenzyme Q. George Mateljan. Dari whfoods^^com

Menu Pepaya, Untuk Kualitas Sperma dan Cegah Kanker. situshijau^^com

200 Top Foods High in Arginine. top200foodource^^com (daftar 200 makanan sumber nutrisi tertentu dengan jumlah kadar nutrisinya. Misalnya, 200 makanan teratas sumber Vitamin E, Vitamin C, dll)

200 Top Foods High in Vitamin B12.

Related posts:

  1. WANITA MEMANG LEBIH KUAT DARI PRIA
Latest Comments
  1. ana

    tapi kan maw ngesex harus pemansan dulu,,,trs katanya ga boleh oral??gmana doong???

  2. rose

    ginseng apa nya yah, daun nya or akar nya coz gw pny pohon ginseng tp sampai saat ini blm tau cara penggunaan n pengolahan nya utk cpt pnya anak…. mao dong cara olah nya biar gw cpt pny dede bayi

  3. zainal

    tiap pagi jarang mandi pake air dingin,,berhubung di dago, bdg,,kalo pagi,,Gilaaa,,dingin bgt,, jd pake air hangat. Gmn dong mb Theeas? hhehe.. :)

  4. theeas

    @zainal gapapa nal kan bikin anaknya masih belum sekarang kan? :D

    @rose rimpang ginseng

    @ana : perasaan foreplay banyak deh,.,,bukan cuman oral doang, hehehehe. lubrikan yang aman buat sperma adalah putih telur.

  5. zainal

    Hoho,, kan mesti dipersiapkan.. :)

  6. agus

    klo sering mastrubasi/onani dapat menurunkan kualitas sperma ga??saya pernah denger, katnya bisa bikin mandul…bener ga tuh??

  7. rahmat

    bagaimana efek dari obat asam folac?

  8. ana bi khoir

    syukron infonya

  9. melati

    kalo putih telur itu dimakannya gimana ?? mentah kah? atau bisa juga diolah??

  10. sindi

    Allah Maha Besar… malah yg ga mikirin itu gampang bgt hamilnya. He…

  11. mama zaidan

    yg penting rileks & kalo lg bikin harus santai,,,, jgn mikir yg aneh2,apalagi berfikiran negatif,(ah,,, pasti gak jd lagi,,,) ntar jd doa lho…….

  12. Nia

    minyak ikan apa yg bagus utk kesuburan suami istri?

  13. elling

    minyak ikan yg bgus adalah yg mengandung vitamin C & E sprti omega H3

  14. rara

    putih telur yg bagus, telur apa ya?
    Eropah, kampun apa bebek?

    • adul

      telor yang banyak putihnya aja

  15. aly

    thanks infonya sangat bermanfaat sekali.,

  16. riri

    suwun infonya,,,,,

  17. tommy

    siip….

  18. adul

    bagi2 ilmu nya donk

  19. wahyu

    Kenapa pada saat berhubungan intim,sperma sering keluar dr vagina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.